Senin, 28 Februari 2011

Ekspor 2010 Lampaui USD 150 Miliar

JAKARTA (SINDO) – Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan bahwa kinerja ekspor sepanjang tahun 2010 melampaui angka USD 150 Miliar. Capaian itu didukung nilai ekspor pada Desember 2010 yang lebih dari USD 10 Miliar.

            “Meski belum diumukan (secara resmi), saya sampaikan bahwa ekspor pada 2010 lalu akan berada diatas  USD 150 Miliar, “ ungkap Kepala BPS Rusman Heriawan usai penandatanganan kesepahaman bersama Eximbank dan BPS tentang penyedia data dan informasi statistik perdagangan di Jakarta kemarin.

            Hingga November 2010, kinerja ekspor tercatat telah menyentuh angka USD 140 Miliar. Ditambah ekspor bulan Desember 2010 yang melampaui USD 150 Miliar merupakan capaian tertinggi sepanjang sejarah ekspor. Terdongkraknya nilai ekspor tahun ini didorong oleh kenaikan harga beberapa komoditi tas di pasar dunia, khusunya batu bara dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). “Kebetulan volumenya juga meningkat dan karena harganya lagi bagus, jadi nonjol, “ujarnya.

            Selain bahan mentah, kata Rusman, produk lain yang sejak lama berkontribusi terhadap ekspor juga mengalami peningkatan. Dia menyebutkan, produk-produk tekstil dan produk berbahan dasar karet saat ini juga sedang mengalami booming. “Yang lain banyak seperti barang industri elektronik, peranannya masih tinggi, “tuturnya.

            Rusman mengatakan, perdagangan internasional kini menjadi bagian terpenting dari kehidupan ekonomi. Ekspor, tegas dia, harus menjadi penyeimbang dalam pembentukan pertumbuhan ekonomi yang selama ini masih didominasi konsumsi rumah tangga.

            Direktur eksekutif Eximbank I Mada Gede Erata menilai, potensi ekspor Indonesia masih sangat besar. Selama ini, kata dia, banyak eksportir baik yang berasal dari kalangan penguasaha menengah dan usaha kecil menengah (UKM) belum mengetahui cara mendistibusikan barang produksinya ke seluruh dunia. ”Eksportir perlu memanfaatkan pembiayaan, penjaminan, konsultasi,”ucap Erata.

 Sumber : (wisnoe moerti – SINDO)

 

Komentar : Menurut saya ekspor kali ini sangat besar mencapai USD 150 Miliar untuk mencapai angka segitu perlu kerja keras dari berbagai faktor produksi dalam negeri. Oleh karena itu mutu barang yang akan di ekspor harus lebih baik lagi agar negara tujuan ekspor Indonesia mau menerimanya masuk ke dalam negeri tujuan ekspor tersebut. Selain itu perlunya sosialisai terhadap para pengusaha untuk mengekspor barangnya agar ekspor Indonesia pun semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar