Rabu, 02 Januari 2013

Dahlan Ancam Hengkang dari Proyek Monorel


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan mengancam akan hengkang dari proyekmonorel. Hal itu dilakukan bila PT Adhi Karya Tbk (ADHI) yang ikut proyek MRT digabung dengan PT Jakarta Monorail.
PT Jakarta Monorail ini adalah pemenang tender proyek monorel pada tahun sebelumnya. Namun, hingga saat ini, proyek MRT yang sudah ditenderkan dulu tidak kunjung selesai karena dianggap tidak ada dana untuk kelanjutannya.
Adhi Karya memang sudah bergabung dengan PT Jakarta Monorail untuk membangun proyek monorel. Perseroan memiliki 7,5 persen saham di PT Jakarta Monorail. Namun, karena proyeknya mangkrak dan dana investor tidak cair, perseroan memilih untuk hengkang di proyek kerja sama itu.
Pada tahun ini, PT Jakarta Monorail mengajukan konsep baru untuk membangun monorel kembali. Begitu juga Adhi Karya yang juga ingin mengajukan konsorsium sendiri untuk membangun proyek monorel. "Adhi Karya tidak mau kalau harus gabung lagi dengan Jakarta Monorail. Kalau mau, Adhi Karya sendirian saja," kata Dahlan saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (27/12/2012).
Menurut Dahlan, Adhi Karya, yang merupakan anak usaha BUMN ini, sudah menemukan konsep pembangunan monorel yang lebih baru, tetapi lebih murah. Detail konsepnya akan disampaikan ke Kementerian BUMN dalam 1-2 hari ke depan.
Namun, sikap Adhi Karya ini akan ditentukan oleh keputusan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membuat keputusan yang independen dan tidak terpengaruh oleh pihak mana pun, termasuk dari PT Jakarta Monorail. "Yang penting Adhi Karya sudah mengajukan. Bila tidak terpilih, tidak apa-apa. Tapi, kalau Adhi Karya mau digabung dengan PT Jakarta Monorail, sikap Adhi Karya memilih untuk hengkang," tambahnya.

Editor :
Erlangga Djumena


Tidak ada komentar:

Posting Komentar